299 tayangan
oleh
kenapa dari dulu sampe skrang SMADAV gak bisa mematikan VIRUS HIDDEN dan Semua VRIUS hanya di Qarantina aja bukan di basmi

3 Jawaban

oleh (124k poin)
diedit oleh
Semua anti virus juga prinsipnya seperti itu. Memindahkan ke folder karantina setelah terdeteksi. Untuk dapat di-restore kembali jika memang salah hapus.
Bayangkan jika langsung dihapus tanpa ke karantina, bisa jadi data2 yang kita inginkan juga ikut musnah. Setelah dikarantina, file virus ini tidak berbahaya lagi karena sudah diganti ekstensinya. File2 karantina bisa dihapus jika sudah yakin memang mau dibuang semuanya.

Jika saudara merasa setelah di scan, virusnya balik lagi, itu bukan berarti karena prinsip karantina files tapi memang Smadav belum bisa membasmi virus itu dengan tuntas.

Nah, jika agan memang merasa virusnya balik lagi setelah discan dengan Smadav, harap melampirkan log hasil full scan dengan Smadav (C:\Program Files\Smadav\Smadav.log) agar saudara bisa dipandu sampai virusnya bersih.
oleh (5.2k poin)

Menambahkan dari bro Kiamhu

Mungkin maksud anda adalah virus yang meng-hidden / menyembunyikan file-file asli kah? Smadav sudah mempunyai kemampuan untuk menampilkan / merestorasi file-file yang telah di-hidden virus. Ada beberapa kasus virus yang menyembunyikan file dokumen asli dan virus tersebut 'nongol' dengan file exe dengan nama file sama dengan dokumen tersebut. Smadav mampu membersihkan dengan tuntas jenis 'tipuan' yang dilakukan virus ini. 

Untuk virus yang anda maksud 'yang tidak bisa dibasmi' oleh smadav, mohon anda memindai / men-scan PC anda dengan Smadav dan sertakan log scan dari smadav dan kirim kesini (seperti yang dikatakan bro Kiamhu, kami siap memandu anda untuk membersihkan PC anda dari virus sampai tuntas (insyaAllah). )
 

oleh (47.5k poin)

Sebenarnya, tindakan Karantina (Quarantine) adalah opsional (pilihan). Saat ada virus terdeteksi, Smadav akan memberikan 'laporan' dan pilihan yang bisa anda pilih.

Jika file yang Smadav 'laporkan' anda rasa aman, anda bisa memilih tindakan Abaikan (Ignore) atau mungkin memasukkan file tersebut ke dalam Exception List (Daftar Pengecualian) agar file tersebut tidak lagi diperiksa oleh Smadav di lain waktu. Tapi, jika anda tidak yakin apakah file tersebut aman atau tidak, anda bisa memilih tindakan Karantina (Quarantine).

Tindakan lain yang bisa anda pilih adalah Delete (Hapus). Jika anda memilih Delete, Smadav akan berusaha untuk menghapus file tersebut dari komputer anda. Tetapi, jika masih terdapat file virus indukan (file virus utama) di komputer anda, file yang baru saja dihapus bisa muncul lagi dan lagi (bahkan meski pun sudah dihapus berkali-kali).

Karantina

Saat sebuah file dikirim ke penjara (karantina), Smadav meng-enkripsi file tersebut agar tidak bisa dijalankan lagi, dan juga agar antivirus lain tidak mendeteksi file tersebut sebagai virus. Karena itu, kemungkinan virus tersebut menyebar kembali adalah mustahil. Pengecualian jika anda me-restore file tersebut dan menjalankannya.

Hidden

Sudah dijelaskan di atas.

Selamat datang, disini Anda dapat bertanya segala hal tentang penggunaan Antivirus Smadav, konfirmasi pembelian/pembayaran, lupa key, konsultasi virus, pencegahan dari virus ransomware dan virus iklan, kesalahan program (bug), kritik/saran, tips & trik, dll.

Pertanyaan akan diusahakan dijawab langsung oleh Tim Smadav

Kategori

...