1.9k tayangan
oleh (130k poin)
ditutup oleh

Tutorial Pembersihan Komputer Yang Sudah Terinfeksi Ransomware Dengan Emsisoft Emergency Kit

*Tutorial ini hanya untuk membersihkan virus saja, bukan untuk memulihkan data yang telah dienkripsi ransomware.

Karena semakin banyaknya korban ransomware akhir2 ini yang mana data2 penting di komputer dan laptopnya yang dienkripsi virus ransomware, korban tersebut jadi bimbang apakah harus instal ulang Windows atau tidak untuk bisa memulihkan kembali data2nya. Jawabannya jangan diinstal ulang, gunakan tools pembersihan virus ini. Bukan hanya untuk pembersihan virus ransomware saja, tapi juga membersihkan infeksi virus lainnya seperti adware, penginfeksi exe, PUP, dll.

Dengan dibuatkannya tutorial kali ini semoga dapat menghapus ransomware yang masih aktif dan agar data2 anda yang baru tidak dienkripsi berulang kali.

1. Download disini https://s.id/EmSiKit ukuran file instalasi 339 MB

2. Buka file EmsisoftEmergencyKit.exe dengan cara klik kanan pilih Run as Administrator

3. Tentukan folder hasil ekstrakan dengan cara pilih tombol Browse.. atau biarkan pada lokasi default saja, kemudian klik Install

tunggu hingga proses ekstrak file selesai

4. Lanjut ke proses berikutnya, jalankan file Start Emergency Kit Scanner.exe dengan cara klik kanan pilih Run as Administrator

5. Nanti akan muncul Perjanjian Lisensi, klik saja Accept

6. Selanjutnya muncul notifikasi anjuran untuk update, jika komputer anda terhubung dengan koneksi internet silahkan pilih Yes, jika sedang tidak ada koneksi internet atau offline, pilih saja No. Update ini sifatnya opsional.

7. Selanjutnya akan muncul antarmuka dari Emsisoft Emergency Kit, kita pilih saja nomer 2 yaitu opsi Scan

setelah itu akan muncul notifikasi lagi penawaran instal antivirus Emsisoft, jika komputer anda belum ada antivirus sama sekali bolehlah memilih opsi Install Emsisoft protection (boleh langsung membeli maupun mencoba dulu versi trial nya), jika anda tidak berniat menginstal antivirusnya dan hanya ingin tools pembersihannya saja silahkan klik Close.

8. Langkah selanjutnya pilih Custom Scan. Lokasi Drive yang discan secara default adalah C:\ dan D:\ , bila anda punya partisi drive lebih dari dua atau flashdisk dan hdd external yang ingin discan juga silahkan klik tombol Add Folder untuk menambahkan lokasi drivenya, lalu pilih OK. Centang juga opsi Detect Potentialy Unwanted Programs (PUPs), selanjutnya klik tombol Save settings dan tombol Next yang ada di bawah.

9. Pada tahap ini, proses Scan akan berlangsung lama. Anda bisa menunggu hingga selesai atau tinggalkan saja 1 hingga 2 jam lalu kembali untuk melihat hasil scan nya.

10. Setelah proses scan selesai, jika muncul notifikasi penawaran seperti ini lagi Anda bisa klik Close saja.

11. Anda bisa melihat2 virus apa saja yang tertangkap dan program apa saja yang berpotensi bahaya yang membawa virus, adware bahkan ransomware. Setelah dirasa cukup, anda bisa klik tombol Quarantine selected (Karantina) atau pun Delete selected (Dihapus). Sebaiknya pilih karantina saja.

 

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

ditutup dengan catatan: For Tutorial Only
Selamat datang, disini Anda dapat bertanya segala hal tentang penggunaan Antivirus Smadav, konfirmasi pembelian/pembayaran, lupa key, konsultasi virus, pencegahan dari virus ransomware dan virus iklan, kesalahan program (bug), kritik/saran, tips & trik, dll.

Pertanyaan akan diusahakan dijawab langsung oleh Tim Smadav

Kategori

...