1.1k tayangan
oleh

Komputer saya terkena virus/ransomware zobm. Virus bergerak cukup cepat, dan saya mendapat saran bahwa yang harus di lakukan yaitu mencabut koneksi internet dan eksternal drive/usb. Dan saya temukan bahwa beberapa file saya masih selamat. Beberapa file tetap bisa di buka atau tidak terkunci. Dari hari pertama terkena virus saya sudah menggunakan banyak antivirus antimalware termasuk smadav yang pro untuk menghapus virus...Dan saya sudah melakukan scan virus beberapa kali bahkan dalam safe mode.

 

Pertanyaannya adalah...Apakah kalau saya ambil data2 yang masih selamat dari komputer tersebut, data itu akan membawa virus/ransomware? atau virus itu hanya ada di sistem komputer, sehingga tidak akan pengaruh bila di ambil fileny?

 

Yang menjadi kekhawatiran saya adalah kalau saya copy file2 yang masih bisa di buka itu ke komputer saya yang lain, itu akan membuat komputer saya yang lain terkena infeksi yang sama.

 

Saya sudah coba colok hardisk yang memback up file dari komputer tersebut dengan laptop saya. Dan sebelum hardisk di buka saya scan dengan smadav dan windows defender saja. Kemudian saya sudah buka file2 dan sudah bekerja dengan file itu...sampai sekarang belum ada tanda2 ada zobm di file dan hardisk itu...apakah artinya file aman dan tidak perlu restart ulang laptop saya?

2 Jawaban

oleh (124k poin)

Jika anda sudah menginstal antivirus di komputer tersebut, data2 yang belum dienkripsi ransomware bisa diselamatkan dengan cara mengcopynya ke hdd external misalnya.

Cara penyebaran ransomware ini adalah menyamar/menyusup sebagai aplikasi crack, keygen, patch, activator, loader dan bundle adware yang didistribusikan melalui situs penyedia software gratisan dan bajakan. Jadi anda harus sangat berhati2 bila bertemu dengan situs2 dan aplikasi tersebut. Dan jangan sekali2 mematikan antivirus anda saat berselancar di internet dan menjalankan program bajakan.

Instal Tools Pencegahan dari serangan Ransomware yang sangat berbahaya sebelum terlambat download disini https://s.id/3dxCu

oleh (124k poin)

Update Offline Keys sudah tersedia untuk varian :
.gero
.hese
.seto
.peta
.moka
.meds
.kvag
.domn
.karl
.nesa
.noos
.kuub
.reco
.bora
.nols
.werd
.coot
.derp
.meka
.mosk
.lokf
.peet
.mbed
.kodg
.zobm
.msop
.hets


Panduan cara menggunakan Emsisoft Decryptor for STOP Djvu
1. Unduh disini decryptornya https://s.id/7iIMU
2. Jalankan file decrypt_STOPDjvu.exe dengan cara klik kanan pilih Run as Administrator.
3. Pastikan selalu terhubung dengan koneksi internet untuk menerima instruksi dekripsi dan update offline keys dari server.
4. Klik tombol Add Folder untuk menambahkan lokasi drive dan folder yang akan didekripsi
5. Tombol Clear Object List untuk menghapus daftar drive dan folder yang dimasukkan sebelumnya.
6. Klik tombol Decrypt untuk memulai melakukan proses dekripsi
7. Semoga berhasil

Selamat datang, disini Anda dapat bertanya segala hal tentang penggunaan Antivirus Smadav, konfirmasi pembelian/pembayaran, lupa key, konsultasi virus, pencegahan dari virus ransomware dan virus iklan, kesalahan program (bug), kritik/saran, tips & trik, dll.

Pertanyaan akan diusahakan dijawab langsung oleh Tim Smadav

Kategori

...